Sunday, February 14, 2010

Excel Math Function

Round – RoundUp – RoundDown – Ceiling – Floor – Even – Odd – Int – Abs – Countif – Rand – Randbetween – ROMAN – Sign – Sum – Sumif

Fungsi Round


•Setahu saya, Fungsi Round dalam Excel adalah fungsi yang paling banyak dipakai oleh pengguna software office automation. Sintaks formula ini adalah =ROUND(number,number of digits), number berarti bilangan/angka (yang bisa merupakan angka atau formula/rumus) dan “number of digits” adalah angka dibelakang decimal yang dikehendaki. Sebagai contoh, =ROUND(1/8,2) akan menghasilkan 0.13. Rumus ini banyak berguna dalam bidang keuangan terutama nilai transaksi.


Rumus Hasil

=ROUND(234/8,2) 29.25

=ROUND(234/8,0) 29

=ROUND(234/8,-1) 30


Catatan, jika ingin membulatkan ke puluhan, ratusan atau ribuan dan seterusnya mana, parameter ke dua dalam fungsi round adalah “angka negative”. Sebagai contoh -2 dalam contoh pembulatan 1000 dibagi 3 yaitu =ROUND(1000/3,-2), hasilnya adalah nilai 300.


Fungsi RoundUp dan RoundDown


•Jika anda ingin membulatkan ke atas sebuah angka/ atau hasil perhitungan rumus (kecuali 0 tentunya). Maka anda perlu menggunakan Fungsi Roundup Function. Perintahnay adalah =ROUNDUP(number,number of digits). Dengan perintah yang mirip dengan fungsi Round, maka hasil dari =ROUNDUP(1/3,0) adalah 1. Sedangkan fungsi =ROUND(1/3,0) akan menghasilkan 0.

•Jika anda menginginkan pembulatan angka/ hasil perhitungan ke bawah, maka gunakan fungsi Rounddown Function. Perintahnya adalah =ROUNDDOWN(number,number of digits). Sama dengan fungsi Round maupun RoundUp maka parameter “number of digits” dapat merupakan angka negative.

•Kemampuan Excel untuk membulatkan ke atas ( atau ke bawah) ini sangatlah berguna, namun bagaicaranya jika anda ingin membulatkan ke sen atau rupiah terdekat?. Excel memiliki kemampuan ini yaitu Fungsi Ceiling dan Floor. Perintahnya adalah =CEILING(number,multiple) and =FLOOR(number,multiple). “number” adalah angka atau hasil perhitungan yang akan dibulatkan dan “multiple” adalah sen atau rupiah yang terdekat. =CEILING(10/3,0.05) hasilnya 3.35; dan =CEILING(10/3,0.5) hasilnya 3.5

•Sedangkan =FLOOR(10/3,0.05) akan menghasilkan 3.30.; dan . =FlOOR(10/3,0.5) akan menghasilkan 3.0

•Catatan: Parameter “multiple” tanda harus sama dengan parameter “number”, Anda tidak dapat menggunakan =CEILING(-2,0.10).

•Jika anda ingin membulatkan sebuat angka ke angka genap atau ganjil terdekat makan Excel memiliki fungsi Even and Odd. Perintahnya adalah =EVEN(number) dan =ODD(number), dimana “number” adalah angka atau hasil perhitungan yang akan anda bulatkan.

Fungsi Lainnya


•Fungsi Int dapat dipergunakan untuk membulatkan angka/hasil perhitungan ke bawah ke angka integer terdekat. Perintahnya =INT(number), parameter “number” adalah angka (atau sel) yang akan dibulatkan ke bawah ke sebuah angka integer.


•Fungsi Absolut akan menghasilkan nilai absolute dari sebuah angka (atau rumus). Perintahnya =ABS(number). Contoh =ABS(-2) dan =ABS(2) keduanya akan menghasilkan nilai 2.


•Fungsi Countif dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam sebuah range yang memenuhi criteria yang anda tetapkan. Perintahnya adalah =COUNTIF(range,criteria), dimana “range” adalah area sel yang akan anda hitung dan “criteria” adalah syarat yang anda tetapkan sebagai dasar bahwa sel itu termasuk dihitung atau tidak. “criteria” dapat berupa angka, pernyataan, atau teks. Pernyataan atau teks harus diberi tanda petik (“…”).


•Untuk membangkitkan angka acak (random), Excel memiliki dua function yaitu Fungsi Rand dan Fungsi Randbetween. Fungsi Rand akan membangkitkan angka acak (random) antara 0 sampai dengan 1. Rumusnya adalah =RAND().

Sedangkan fungsi Randbetween dapat dipergunakan untuk membangkitkan angka acak dengan batas atas dan batas bawah yang dapat anda tentukan sendiri. Rumusnya adalah =RANDBETWEEN(bottom,top). Parameter pertama adalah “bottom” yaitu batas angka terendah dan parameter ke dua “top” adalah batas angka tertinggi. Fungsi ini akan tersedia jika anda telah mengaktifka Analysis Toolpak Add Ins. Fungsi ini hanya menghasikan angka integer, jadi kalau ingin angka random yang tidak integer maka kita dapat menggunakan Fungsi Rand dan mengalikannya dengan Fungsi RandBetween sehingga menghasilkan angka acak yang tidak integer (contoh =RAND()*RANDBETWEEN (10,50)).

•Excel memiliki kemampuan untuk menuliskan angka ROMAWI dengan rumus sebagai berikut: =ROMAN(number), parameter “number” adalah angka atau rumus yang menghasilkan angka yang akan diubah menjadi angka Romawi.


•Fungsi Sign adalah fungsi untuk mengetahui apakah angka/hasil perhitung formula angka positif atau angka negatif atau nol. didepan sebuah angka. Rumusnya adalah =SIGN(number), parameter “number” adalah angka/rumus yang ingin diketahui apakah positif, negative atau nol. Hasil formula tsb di atas adalah 1 jika “positif
, 0 jika angka nol, dan -1 jika angkanya negatif.


•Fungsi yang sering dibutuhkan adalah Sum. Formulanya =SUM(number1,number2,..), parameter “number#” adalah angka/formula/sel/range yang akan dimasukkan kedalam hasil penjumlahan. Jumlah parameter ini s.d 30.


•Fungsi Sumif digunakan untuk menjumlah kan dengan kreterian tertentu.Formulanya adalah sebagai berikut:: =SUMIF(range,criteria,sumrange),parameter “range” adalah sel-sel berdampingan yang akan dijumlahkan , parameter adalah range yang akan dievaluasi, “criteria” adalah criteria yang menunjukkan sel-sel mana yang akan dijumlahkan, dan “sumrange” adalah range yang akan dijumlahkan. Sedangkan untuk Function Countif , “criteria” can dapat berupa angka, rumus atau text. Rumus atau text harus diberi tanda petik (“).

0 comments:

Post a Comment

Tipsone(Free Tips and Trick)

Paypal For Business

Free Premium Themes